warna cat dinding

4 Warna Cat Dinding Yang Sesuai Untuk Kamar Anak-Anak (Berdasarkan Psikologi)

Posted on

Semua orang tua pasti sangat memperhatikan seluruh kebutuhan anak. Segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan sang buah hati, selalu menjadi prioritas. Bukan hanya berkaitan tentang kegiatan di luar rumah, di dalam rumah pun orang tua berusaha menyediakan tempat nyaman.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya orang tua memperhatikan detail kamar anak-anak. Bukan hanya masalah perabot dan hiasan kamar, warna cat dinding seringkali menimbulkan permasalahan tersendiri. Berikut ini warna cat yang bisa digunakan untuk kamar anak.

  • Putih

Warna putih sudah menjadi cat yang umum digunakan pada sebagian besar dinding rumah. Kebanyakan orang mewarnai keseluruhan dinding rumah dengan warna putih agar lebih ringkas, meskipun kamar anak sekalipun.

Putihnya dinding pada kamar anak-anak dapat menampilkan kesan ruangan terasa lebih luas, tenang, sederhana dan lebih bersih. Ini disebabkan oleh warna dinding cerah yang reflektif hingga ruangan terlihat lapang dan terbuka.

Dinding berwarna putih sangat disarankan bagi anak-anak karena dapat memberi rasa nyaman dan menunjukkan polosnya dunia anak. Orang tua tidak perlu khawatir anaknya sering terbangun tengah malam karena putih dapat membuat tidur anak lebih nyenyak.

Akan tetapi, menggunakan warna putih pada keseluruhan dinding kamar akan terlihat monoton. Beberapa pakar psikologi menyebutkan bahwa berdiam diri dalam jangka waktu yang cukup lama pada ruangan yang berwarna putih dapat menimbulkan rasa kesepian.

Untuk mengimbangi nuansa putih agar nampak lebih ceria, bisa menambahkan perabot, sentuhan karya seni dan karpet berwarna cerah yang disesuaikan dengan anak-anak. Sebuah karya seni dapat menghiasi sebuah dinding polos yang berwarna putih.

Tidak ada salahnya juga memadukan dengan warna lain sebagai aksen pelengkap kamar tidur anak agar tidak bosan. Perpaduan warna hitam juga cukup mengesankan kamar yang elegan dan cocok untuk anak-anak. Dengan syarat, cat berwarna hitam hanya berfungsi sebagai sentuhan kecil.

  • Biru

Selain terkenal dengan bermain, anak-anak juga memerlukan suasana yang tenang. Perasaan tenang pada anak-anak dapat diwujudkan dengan mengubah warna dinding kamar dengan warna biru. Bukan hanya sekedar ketenangan, warna biru dapat menuntun anak-anak menjadi lebih fokus.

Ini dikarenakan warna biru memang terbukti dapat mendorong aktivitas intelektual pada manusia, tak terkecuali anak-anak. Efek dari warna biru dapat menjernihkan pikiran sehingga menurunkan tekanan darah, sehingga anak-anak dapat berkonsentrasi saat belajar.

Ketenangan yang dirasakan sama seperti saat orang-orang memilih pergi ke pegunungan untuk merasakan kesejukan. Bisa juga dibayangkan seperti menikmati liburan dengan pergi ke pantai untuk menjernihkan pikiran. Hamparan laut yang luas di bawah birunya langit menyegarkan mata yang memandang.

Rangkaian warna biru dimulai dari biru muda hingga biru tua. Untuk menciptakan suasana kamar yang merangsang kecerdasan intelektual anak, bisa menggunakan warna biru yang lebih tua. Sedangkan orang tua bisa memberikan nuansa tenang dan santai dengan rangkaian warna biru muda.

Tidak disarankan memadukan warna biru dengan warna-warna cat yang mencolok. Kombinasi warna pastel akan lebih sesuai agar tidak menghilangkan esensi dari warna biru itu sendiri. Penambahan warna yang terlalu terang dapat merusak konsentrasi dan mengganggu penglihatan.

  • Hijau

Fungsi warna hijau sebenarnya tidak jauh berbeda dengan warna biru. Akan tetapi selain menyegarkan pikiran, warna hijau memiliki kekuatan untuk membantu anak-anak beradaptasi terhadap lingkungan baru dan meregangkan otot-otot yang tegang.

“Keindahan alam terasa lebih dari cukup untuk menyejukkan hati dan pikiran”

Seperti itulah hal yang dirasakan saat berada di kamar bercat hijau. Hijau memberikan perasaan yang dekat dengan alam, terkesan menyegarkan dan melambangkan keseimbangan hidup manusia. Sebuah warna yang identik dengan kesadaran menjaga lingkungan, kesehatan dan keberuntungan.

Dengan sentuhan warna cat dinding hijau pada kamar anak, dapat membawa pada nuansa alam yang menyegarkan. Warna ini dapat digunakan membimbing anak untuk mencintai alam.

  • Kuning

Warna kuning dianggap sebagai warna dinding yang cerah sangat cocok dengan sifat anak-anak yang ceria. Maka dari itu tidak ada salahnya menerapkan warna kuning pada kamar anak. Kuning menunjukkan kesan yang ramah, terbuka dan menyenangkan.

Dilihat dari kacamata psikologis, kuning merupakan warna yang paling kuat dari seluruh warna yang ada. Sejak bertahun-tahun lamanya, kuning dijadikan sebagai simbol keoptimisan dan harapan. Maka dari itu, anak-anak akan lebih bersemangat untuk menjalankan segala aktivitas di kamar.

Terdapat beragam rangkaian warna kuning. Rangkaian warna kuning muda atau kuning pastel dapat membangkitkan sisi kelembutan dan menyimpan perasaan hangat. Sedangkan warna kuning cerah dapat menumbuhkan kerajinan, semangat dan keceriaan anak.

Dari segi psikologis pemilihan warna pada dinding kamar anak-anak mempengaruhi suasana hati. Pemilihan cat dinding untuk kamar anak bisa dikombinasikan dengan warna lain, dengan syarat penambahan warna tersebut tidak merusak tujuan sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *