Sertifikasi Profesi

Pentingnya Sertifikasi Profesi dalam Menghadapi Persaingan Kerja

Posted on

Sertifikasi merupakan pengakuan yang objektif akan potensi menyatakan seseorang sudah kompeten dan profesional di bidangnya. Sertifikasi diberikan melalui pelatihan dan ujian kompetensi sehingga dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikasi profesi.

Apa Itu Sertifikasi Profesi?

Sertifikasi kompetensi atu profesi merupakan sebuah pengakuan bagi tenaga kerja yang telah mengikuti pelatihan dan mempunyai keterampilan yang mumpuni sesuai dengan standar kerja yang sudah ditetapkan.

Sertifikasi akan menjadi salah satu penunjang untuk tetap bertahan dalam pekerjaan. Sertifikat diberikan berdasarkan kompetensi spesifikasi dari sikap, pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan penerapan dalam pekerjaan secara efektif dan efesien sesuai dengan standar yang berlaku.

Sertifikasi menjadi dokumen penting sebagai bukti tertulis akan potensi dan skill yang dimiliki seseorang yang diakui secara resmi dari lembaga bersetifikat. Pemberian sertifikat tersebut mengacu pada standar kompetensi yang bersifat nasional ataupun internasional.

Melalui sertifikasi, para tenaga kerja akan lebih fokus dalam bekerja dan dapat diakui oleh negara atas keahlian yang dimilikinya. Bahkan dengan adanya sertifikasi tersebut menjadi nilai tambah Anda saat melamar pekerjaan.

Sertifikasi mempunyai arti independen dan objektik bagi kepentingan profesional dalam area teknologi informasi. Sertifikasi menunjukan pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan dengan memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya pasar global.

 

Apa Itu Lembaga Sertifikasi Profesi?

Di Indonesia mempunyai dua lembaga resmi yang dapat mengeluarkan sertifikasi kompetensi atau profesi. Lembaga tersebut adalah Kementrian Ketenagakerjaan dan BNSP. Dari kedua lembaga tersebut dibagi berdasarkan Lembaga Sertifikasi Nasional dan Internasional.

Kemenaker merupakan kementrian ketenagakerjaan Republik Indonesia yang menangani urusan pada  bidang ketenagakerjaan. Kemenaker bertanggung jawab kepada Presiden. Sekarang ini Menteri Kemenaker RI yang saat ini dijabat oleh Hanif Dhakiri.

Kemenaker juga menangani masalah lainya yang berkaitan dengan urusan ketenagakerjaan. Salah satunya untuk mengeluarkan sertifikasi bidang pekerjaan secara resmi yang sudah diakui secara nasional maupun internasional.

Salah satu agenda yang diadakan oleh Kemenaker adalah pelatihan K3 dan sertifikasi K3. Tujuan pelatihan tersebut adalah untuk melatih dan meningkatkan potensi serta skill tenaga kerja pada bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3.

Lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat kompetensi adalah BNSP. Kedua lembaga tersebut mempunyai perbedaaan. Namun, kedua lembaga tersebut mempunyai kelebihan masing-masing sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apa Itu Badan Nasional Sertifikasi Profesi?

BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden. BNSP mempunyai kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil serta bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja.

BNSP begian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja. Pembentukan BNSP ini merupakan bagian dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas dan mempunyai potensi tinggi.

Sistem penyiapan tenaga kerja terdapat dua prinsip yaitu penyiapan tenaga kerja berdasarkan kebutuhan pengguna dan proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja yang dilakukan dengan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi.

Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja ini di mulai pada tahun 2000 dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama antara Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia.

BNSP Mempunyai tugas pokok sebagai otoritas sertifikasi secara personel sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 23 tahun 2004 mengenai Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Pada pasal pertama membahas tentang tugas pokok BNSP.

BNSP dapat memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi atau LSP yang memenuhi persyaratan dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja. Dalam memberikan lisensi tersebut harus sesuai dengan tata cara dan syarat yang sudah ditetapkan dalam peraturan tersebut.

Sertifikasi profesi merupakan pengakuan tenaga kerja yang sudah ditetapkan oleh BNSP atau Kemenaker setelah melaksakanak pelatihan sebelumnya. Setiap tenaga kerja pasti mempunyai skill atau potensi yang harus digali dan diasah agar dapat meningkatkan kualitas diri.

Salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan potensi diri adalah sertifikasi. Namun, kesadaran akan pentingnya sertifikasi masih kurang. Sehingga masih sedikit seseorang yang mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi.

Mengapa Sertifikasi Profesi Itu Sangat Penting?

Sertifikasi seharusnya menjadi hal wajib yang dilakukan dan miliki oleh tenaga kerja. Bukan hanya tenaga kerja formal saja, namun para tenaga kerja informal juga harus mempunyai sertifikasi kompetensi.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, Anda dapat lebih fokus dalam bekerja karena sudah diakui oleh negara atas kemampuan dan potensi yang Anda miliki. Selain itu, sertifikasi juga sangat penting untuk tenaga kerja seperti dibawah ini.

  1. Mempromosikan diri

Sertifikasi didapatkan melalui pelatihan yang memerlukan waktu beberapa hari. Setelah itu Anda mengerjakan ujian sertifikasi yang diawasi oleh Tim yang sudah profesional. Sehingga sertifikat kompetensi yang Anda dapatkan menjadi dokumen penting untuk mempromosikan diri Anda.

  1. Merencanakan karir

Sertifikasi juga berfungsi untuk merencanakan karir Anda. Setiap orang pasti mempunyai potensi yang berbeda-beda, sehingga dengan mengikuti pelatihan sertifikasi, Anda apat melatih skill dan potensi yang dimiliki.

Setelah skill tersebut meningkat dan diakui oleh negara, Anda dapat merencanakan karir sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda miliki. Dengan sertifikasi tersebut dapat membantu Anda untuk memilih karir yang sesuai.

  1. Pengakuan kompetensi

Bagi seorang fresh graduate, sertifikasi kompetensi sangat penting untuk mengakui potensi dan keahlian yang Anda miliki. Karena Anda belum mempunyai pengalaman kerja yang mumpuni, Anda dapat menggunakan sertifikasi sebagai bahan pertimbangan perusahaan.

  1. Meningkatkan percaya diri

Dalam dunia kerja, pasti Anda menemukan banyak karakter yang berbeda-beda. Banyak tenaga kerja yang sudah profesional sehingga kadang membuat Anda merasa minder atau tidak percaya diri.

Sehingga dengan adanya sertifikasi kompetensi ini dapat memberikan rasa percaya diri akan potensi yang dimiliki. Serta Anda tidak perlu takut lagi jika ditanyakan berbagai masalah mengenai pekerjaan atau sebagainya.

  1. Menyakinkan industri atau perusahaan

Dalam dunia kerja persaingan atau kompetensi sangat kuat, sehingga diperlukan bukti tertulis untuk menyakinkan industri atau perusahaan bahwa Anda mempunyai potensi dan sudah kompeten dalam menghasilkan produk jasa ataupun barang.

 

Jenis-jenis Sertifikasi yang Terkenal Saat Ini

Skill atau keahlian yang dimiliki seseorang harus diasah dan digali lebih baik lagi. Karena setiap orang dapat menjadi bibit unggul yang dapat bermanfaat bagi dirinya, masyarakat dan negara. Dengan adanya sertifikasi profesi dapat menjadi dokumen penting akan potensi yang dimiliki.

Kemampuan yang sudah diakui dan diuji dapat menambah keyakinan akan potensi dan keunggulan yang dimiliki. Sehingga menjadi suatu kebanggaan dengan menyatakan kompeten dari lembaga sertifikasi sesuai dengan peraturan dan standar yang ditetapkan

Berdasarkan jenisnya, sertifikasi dibagi menjadi dua yaitu sertifikasi nasional dan internasional. Setifikasi nasional yang terkenal saat ini adalah:

  1. Sertifikasi akademik

Sertifikasi akademik merupakan sertifikasi yang diberikan untuk gelar pendidikan formal baik di universitas atau lembaga pendidikan lainya. Sertifikat yang diberikan akan mucul i belakang nama seseorang.

Sertifikasi akademik yang banyak diminati yaitu Sarjana, Master, Doktor, dan sebagainya. Sertifikasi tersebut diberikan setelah menyelesaikan studi di lembaga pendidikan tersebut sesuai waktu yang telah ditetapkan.

  1. Sertifikasi kompetensi

Sertifikasi kompetensi merupakan sertifikasi yang diberikan atas keahlian atau kemampuan tertentu untuk profesi tertentu sesuai dengan bidangnya. Sertifikasi ini sangat penting bagi tenaga kerja dalam melaksakan tugas dan tanggung jawab perusahaan.

Setiap tenaga kerja harus mempunyai sertifikat keahlian atau kompetensi yang resmi dikeluarkan oleh Kemenaker atau BNSP. Karena sertifikat tersebut dapat memberikan kemudahan untuk mencari lowongan kerja sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Selain sertifikasi nasional, terdapat juga sertifikasi internasional yang dikeluarkan oleh Lembaga bersertifikat berdasarkan peraturan dari Kemenaker ataupun BNSP. Contoh sertifikasi kompetensi tersebut adalah:

  1. British Computer Society (BCS)

Sertifikasi ini termasuk dalam sertifikat internasional yang dikembangkan oleh profesional sosiety dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang sertifikasi yaitu teknologi digital seperti komputer dan sebagainya.

  1. Linux Profesional

Bagi Anda yang senang akan dunia digital, Anda dapat melakukan pelatihan sertifikasi yang dilaksanakan di lembaga bersertifikat nasional. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh komunitas suatu profesi dalam bidang linux.

  1. System Administration Guild (SAGE)

Jenis sertifikasi internasional yang terkenal lainya adalah SAGE. SAGE dikeluarkan oleh komunitas suatu profesi untuk memberikan pelatihan terhadap keahlian atau skill pada bidang Administrasi.

  1. Australian Computer Society (ACS)

Sertifikasi ACS termasuk dalam tiga model sertifikasi profesional yang dikembangkan oleh profesional sosiety. Sertifikasi ini termasuk salah satu sertifikat internasional yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke perusahaan terkenal atau asing.

  1. Soulth East Asian Regional Computer Confederation (SEARCC)

Sertifikasi internasional yang banyak diminati adalah SEARCC. SEARCC ini dikembangkan oleh profesional society yang masuk dalam tiga model sertifikasi profesional. Ketifa model tersebut dihadapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang profesional.

  1. Sertifikasi TI

Bagi Anda yang terjun dalam dunia TI. Anda dapat mengikuti pelatihan dan sertifikasi TI. Sertifikasi TI mempunyai dua jenis yaitu profesional ICT yang banyak digunakan untuk menajdi operator, administrator, engineer, developer dan specialist.

Selain itu, terdapat juga Akademisi ICT yang digunakan untuk para trainer, lecturer, instructur dan teacher. Manager dan Supervisi ICT dan semua pihak. Sertifikasi ini sangat penting dalam menunjang perusahaan.

  1. Certificate of Competence dan Certificet Attainment

Sertifikat ini termasuk sertifikat nasional yang diterbitkan oleh LSP Telematika untuk level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sebagai pengakuan kompetensi pada bidang keahlian kerja.

  1. IS Auditing (CISA)

Sertifikasi kompetensi yang tidak kalah kualitasnya adalah CISA. CISA juga termasuk sertifikasi yang dikeluarkan oleh komunitas profesi yang bertujuan untuk memberikan pelatihan akan sistem auditing yang baik dan benar.

  1. MCSE, CCNA, CNE, dan RHCE

Sertifikasi internasional lanya adalah sertifikasi ini dikeluarkan oleh vendor. Vender tersebut akan memberikan sertifikasi berdasarkan lembaga yang bersertifikat. Untuk MCSE dari Microsoft, CCNA dari Cisco, CNE dari Netware dan RHCE dari Red Hat. Untuk mendapatkan sertifikat ini dibutuhkan skill yang sangat spesifik.

  1. Sertifikasi Bahasa Pemrograman

Bagi Anda yang menyukai dunia pemrograman, Anda tidak boleh melewatkan pelatihan sertifikasiberikut. Sertifikasi ini termasuk sertifikasi internasional seperti program java, java mobile, program microsoft NET.

Semua sertifikat tersebut berkaitan dengan bidang pemrograman komputer. Sehingga dengan adanya sertifikat tersebut dapat meningkatkan bakat dan potensi yang dimiliki. Anda juga dapat mempromosikan diri Anda melalui program komputer.

  1. Sertifikasi Database

Untuk sertifikasi ini meliputi datadase MS SQL Server yaitu MS Certificate DBA dan Database Oracle yaitu Oracle Certified DBA yang dibagi menjadi 3 jenjang yaitu Associate, Professional dan Master.

Sertifikasi profesi sangat penting dalam mencari pekerjaan. Sertifikat menjadi bukti secara tertulis akan potensi dan keahlian yang dimiliki. Sehingga dapat menjadi daya tarik untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keahlianya.

Referensi:

http://lsptrainerindonesia.id/apa-pentingnya-sertifikasi-kompetensi/

https://bnsp.go.id/informasi/102/TENTANG-BNSP-

https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Nasional_Sertifikasi_Profesi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *