Pertanyaan Interview

Tips Cara Menghadapi Pertanyaan Interview Secara Cepat dan Akurat

Posted on

Persaingan kerja sekarang ini sangat ketat. Banyaknya para pencari kerja dengan lowongan kerja yang tersedia membuat perekrutan sangat ketat dan beragam proses. Salah satu proses yang paling menentukan adalah saat menghadapi pertanyaan interview.

Pertanyaan Interview Kerja

Untuk mempersiapkan diri menghadapi proses interview adalah dengan mengetahui pertanyaan yang akan muncul saat interview berlangsung. Namun, Anda juga harus menyiapkan mental serta penampilan yang sopan dan menarik untuk memberikan kesan pertama yang mengesankan.

Selama proses interview ini, beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan adalah:

  1. Perkenalkan diri Anda

Pertanyaan mengenai diri sendiri menjadi poin penting untuk memberikan kesan pertama bagi HRD. Saat Anda diberi pertanyaan untuk menjelaskan diri, HRD akan menilai cara berbicara Anda dalam menceritakan diri Anda sendiri.

Saat bercerita, karakter Anda akan terlihat seperti cara berbicara, mimik wajah, pola pikir, gesture dan sebagainya. Sehingga hal tersebut menjadi penilaian terhadap psikologis yang dimiliki oleh seseirang pada impresi pertama.

  1. Apa yang diketahui tentang perusahaan ini?

Pertanyaan selanjutnya adalah mengenai perusahaan yang Anda pilih. Anda harus mencari tahu mengenai seluk beluk perusahaan terutama mengenai kemajuan atau prospek perusahaan tersebut saat ini.

Saat Anda menceritakan tentang perusahaan tersebut, HRD akan menilai seberapa jauh Anda mengenal perusahaan serta seberapa minat Anda untuk ingin bekerja di perusahaan tersebut berdasarkan pendidikan dan bidang kerja di perusahaan tersebut.

  1. Apa Alasan Anda ingin bekerja di bidang ini?

Pertanyaan ini biasanya bertujuan untuk menggali seberapa besar keinginan dan motivasi kerja Anda. Kebanyakan orang akan menjawab karena perusahaan tersebut besar, terkenal, mempunyai gaji besar dan sebagainya.

Dari jawaban yang Anda berikan, HRD akan menilai motivasi kerja Anda. Sehingga jangan membahas masalah gaji atau hal lain yang terdengar materialistis. Anda dapat menjawab dengan menceritakan pengalaman yang sesuai dengan bidang kerja tersebut.

  1. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Pertanyaan interview ini sering muncul untuk mengecoh Anda. Berbicara mengenai material, tentu saja sangat sensitif. Sehingga Anda harus menjawab pertanyaan tersebut dengan profesional.

Jangan sebut nilai atau nominal gaji yang Anda inginkan jika Anda tidak ditanyakan mengenai hal tersebut. Jika nominalnya ditanyakan, Anda dapat memberikan jawaban yang profesional dan tidak terdengar manterialistis.

  1. Mengapa kami harus memilih Anda?

Dalam sebuah wawancara, HRD seringkali menanyakan apa alasan mereka untuk memilih Anda. Jawaban untuk pertanyaan ini adalah berikan potensi dan skill yang Anda miliki. Ceritakan juga mengenai pengalaman Anda untuk memberikan alasan yang kuat.

  1. Apa rencana Anda untuk 5 tahun yang akan datang?

Pertanyaan mengenai rencana atau planning kerja juga sering dipertanyakan. HRD dapat mencari tahu alasan Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut dari jawaban yang Anda berikan. Sehingga jawaban sangat sampai memberikan efek tidak tepat bagi Anda.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Bagi Anda yang masih fresh graduate masuk ke seleksi interview merupakan hal yang paling menantang. Karena Anda baru mengalami tahap tersebut, sehingga dibutuhkan persiapan yang lebih matang dengan mengetahui pertanyaan interview dari HRD.

  1. Perkenalkan diri Anda

Pertanyaan utama saat interview adalah memperkenalkan diri Anda. Sebagai fresh graduate, Anda dapat menceritakan tentang pengalaman magang atau organisasi yang pernah diikuti. Ceritakan juga mengenai materi dan praktik selama masa perkuliahan.

Pada saat Anda memperkenalkan diri, gunakan bahasa yang sopan dan formal. Perhatikan lawan bicara dan jangan gugup. Anda dapat berlatih dahulu sebelum memulai tes interview untuk melatih keberanian Anda.

  1. Mengapa Anda tertarik pada perusahaan ini?

Pertanyaan mengenai alasan ingin bekerja di perusahaan tersebut pasti akan muncul. Karena alasan bekerja menjadi hal penting yang akan dipertimbangkan oleh HRD. Jangan sekali-kali Anda menjawab pertanyaan tersebut berkaitan dengan uang atau gaji.

Sebagai lulusan baru, Anda harus menjawab dengan baik terutama untuk mencari pengalaman di dunia industri, menambah relasi dan hubungan  kerja serta untuk meningkatkan potensi diri agar lebih profesional.

  1. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Sebagai fresh graduate, jangan terlalu ambisi untuk mendapatkan gaji besar. Karena setiap perusahaan menetapkan gaji masing-masing sesuai dengan jenjang pendidikan dan pengalamanya.

  1. Apa yang diketahui tentang perusahaan ini?

Anda harus mencari tahu mengenai seluk beluk perusahaan yang Anda pilih. Anda dapat mencari tahu lewat internet dan sebagainya mengenai perusahaan dan bidangkerja yang Anda inginkan.

  1. Mengapa kami harus memilih Anda?

Pesaing kerja pasti sangat banyak, sehingga Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan wawancara ini dengan baik. Jawaban ini sangat menentukan penilaian HRD terhadap Anda, sehingga jawablah dengan baik dan tepat.

  1. Apa rencana Anda untuk 5 tahun kedepan?

HRD juga sering menanyakan mengenai rencana kerja. Sehingga Anda harus menyiapkan rencana kerja yang akan dilakukan selama beberapa tahun yang akan datang. Jika Anda tidak mempunyai rencana, HRD akan menilai Anda belum siap untuk terjun di dunia kerja.

  1. Ada pertanyaan?

Jika Anda diberi kesempatan untuk bertanya, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin dengan menanyakan kemajuan atau projek apa yang sedang dikerjaan oleh perusahaan saat ini. Pertanyaan tersebut dapat menjadi nilai plus dari interview Anda.

Pertanyaan Interview User

Sebelum melakukan interview untuk user, Anda juga harus menyiapkan diri dengan baik dan matang. Sebelum Anda menghadapi wawancara, cari tahu pertanyaan yang akan muncul dan siapkan jawaban yang akan diberikan.

  1. Perkenalkan diri Anda

Semua tahap interview pasti akan menanyakan ini. Karena dengan Anda bercerita, banyak informasi yang HRD dapatkan dari cara berbicara, bahasa yang digunakan, gesture tubuh, dan sebagainya.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan?

Persiapkan data dan infromasi mengenai perusahaan yang Anda pilih. Informasi mengenai perusahaan dapat memberikan kesan yang bak bagi user dan menunjukan Anda mempunyai motivasi yang kuat.

  1. Mengapa Anda tertarik bekerja disini?

Alasan atau motivasi kerja sering ditanyakan oleh HRD. Kesalahan saat interview adalh menjawab dengan singkat dan tidak spesifik. Sehingga HRD tidak mendapatkan informasi apapun dari Anda.

  1. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Berbicara mengenai gaji ini juga ditanyakan saat interview user. Bahkan seringkali user mengulang pertanyaan tersebut padahal sudah dijawab. Anda harus mempertimbangkan dengan matang dan masuk akal sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

  1. Mengapa kami harus memilih Anda?

Kesalahan dalam interview adalah memberikan jawaban umum. Sehingga HRD sudah menebak jawaban yang Anda berikan. Hindari jawaban umum yang tidak dapat dibuktikan dengan dokumen ataupun langsung.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Interview menjadi tahap yang paling penting karena Anda harus berhadapan dengan HRD atau pihak yang terkait. Berbagai pertanyaan muncul untuk mengetahui siapa diri Anda dan bagaimana sikap dan sifat yang Anda miliki.

Pertanyaan interview pada umumnya memang sama. Karena yang menjadi nilai plus adalah jawaban yang nanti Anda berikan. Sebagai dokumen penting yang dapat membantu Anda saat interview adalah sertifikasi.

Jika Anda pernah mengikuti sertifikasi seperti K3 atau sebagainya, pelatihan K3 dan sertifikasi K3 tersebut menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Karena persaingan kerja sangat berat dan ketat, sehingga diperlukan sesuatu yang berbeda dari orang lain yaitu sertifikat keahlian.

  1. Perkenalkan diri Anda

Jika muncul pertanyaan seperti ini, Anda dapat menjawab dengan menceritakan tentang diri dan profil Anda, pengalaman organisasi, pengalaman magang atau kerja, prestasi atau pelatihan yang pernah diikuti, serta keahlian dalam bidang yang Anda pilih.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan?

Jawaban untuk pertanyaan ini adalah semua informasi mengenai perusahaan tersebut. Anda dapat menceritakan mengenai latar belakang perusahaan, sektor perusahaan, cabang, produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

  1. Mengapa Anda tertarik bekerja disini?

Untuk jawaban pertanyaan ini, Anda dapat menceritakan pengalaman yang Anda miliki dengan posisi yang Anda lamar. Berikan jawaban tentang materi, praktik, pembekalan atau seminar yang pernah Anda ikuti dengan kesesuaian posisi yang Anda inginkan.

  1. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Jawaban mengenai gaji sangat sensitif sehingga harus berhati-hati karena setiap perusahaan mempunyai standar gaji karyawan. Jawaban yang tepat adalah sesuai dengan ketentuan perusahaan akan posisi tersebut serta pengalaman yang sudah Anda miliki.

  1. Mengapa kami harus memilih Anda?

Berikan jawaban yang spesifik untuk pertanyaan ini. Jawaban harus detail dan mengarah pada motivasi Anda bekerja. Berikan jawaban tentang potensi yang Anda miliki dengan yakin dan percaya diri.

  1. Apa rencana Anda untuk 5 tahun kedepan?

Jika muncul pertanyaan ini, jawablah dengan rencana kerja jika Anda sudah menjadi karyawan, seperti ingin menjadi karyawan yang berprestasi dan kompeten dalam menjalani tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan.

  1. Lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai?

Untuk pertanyaan ini, Anda dapat menjadi lingkungan kerja yang produktif, kompetitif namun tetap saling menghormati dan menghargai. Karena HRD akan menilai ritme atau gaya kerja Anda dalam lingkungan kerja atau kantor.

  1. Apa yang dapat Anda berikan untuk posisi tersebut?

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan pengalaman yang Anda miliki. Dengan pengalaman tersebut dapat menjadi modal utama untuk menghasilkan sesuatu yang memuaskan.

  1. Mengapa Anda berhenti di perusahaan sebelumnya?

Berikan jawaban yang umum dengan tidak menjatuhkan atau menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya. Seperti karena habisa kontrak, tidak lolos probation, lingkungan kurang sehat dan sebagainya.

  1. Ada pertanyaan?

Jika Anda diberi kesempatan untuk bertanya, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin dengan menanyakan kemajuan atau projek apa yang sedang dikerjaan oleh perusahaan saat ini. Tanyakan juga mengenai prestasi perusahaan dan sebagainya.

Dunia kerja memang sangat kompetitif. Karena banyak sekali lulusan yang berkualitas, sehingga Anda harus mampu bersaing dengan mereka. Selain persiapan akan interview yang tidak kalah penting adalah persiapan administrasi atau dokumen.

Dokumen yang paling utama adalah resume atau CV. CV menjadi kunci utama untuk mendapatkan first impress yang baik dari HRD. Sehingga Anda harus mengetahui cara membuat CV yang menarik dan memberikan kepuasan bagi HRD perusahaan..

Selama proses rekrutmen, sesi wawancara menjadi hal penting yang harus Anda siapkan. Banyak orang yang gagal pada saat interview karena berbagai faktor, salah satunya kurangnya persiapan akan pertanyaan yang akan dipertanyakan oleh HRD.

Referensi

https://www.ekrut.com/media/interview-user

https://mojok.co/terminal/contoh-pertanyaan-interview-kerja-yang-sering-muncul-dan-tips-menjawabnya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *