lowongan kerja

7 Lowongan Kerja di Bidang Minyak Ini Bisa Anda Taklukan Asalkan Mempunyai Senjata Ini

Posted on

Semua orang pasti menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlianya. Saat ini ada banyak peluang kerja yang menarik dan mempunyai karir yang baik. Ada banyak lowongan kerja yang dapat Anda ikuti sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

 

Teknisi Boiler

Salah satu peluang kerja bi bidang miyak yang dibutuhkan saat ini adalah teknisi boiler. Boiler merupakan suatu bejana tertutup yang berisi air untuk dipanaskan. Energi panas dari boiler tersebut digunakan untuk berbagai macam kebutuhan salah satunya untuk turbin uap, pemanas ruangan dan mesin uap.

Proses konversi energi boiler ini mempunyai fungsi untuk mengubah energi kimia yang tersimpan menjadi energi panas yang tertransfer ke fluida. Bejana yang digunakan terbuat dari bahan baja dengan memenuhi standar ASME terutama boiler untuk industri besar.

Jenis material yang digunakan untuk pembuatan boiler adalah tembaga, kuningan, dan besi cor. Namun sekarang boiler sudah berkembang semakin canggih dengan menggunakan bahan yang lebh kuat dan lebih ekonomis untuk memenuhi kebutuhan industri.

Teknisi profesional dalam bidang minyak khususnya boiler sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Salah satunya adalah untuk memulihkan entalpi fisik gas asap yang dihasilkan oleh pabrik produksi. Sehingga menghasilkan uap panas sesuai dengan pemilik dengan pemanfaatan yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Prinsip kerja berdasarkan aliran gas buang dan aliran uap yaitu saat dibuang, gas asap panas mengalir ke drum seal air dan dihubungkan ke permukaan boiler melalui saluran gas buang. Boiler panas akan mengalir melalui superheater hingga saluran emisi. Rancangan tersebut bertujuan untuk mengurangi waktu instalasi.

 

Teknisi Instrumentasi

Lowongan kerja dengan prospek besar salah satunya adalah teknisi instrumentasi. Sebagai pekerja  tentu saja mempunyai kewajiban untuk berkonstribusi kepada perusahaan. Dengan berjalanya waktu selama bekerja, harus dapat memberikan manfaat kepada perusahaan tersebut.

Sebagai teknisi instrumentasi dalam melakukan pekerjaan dan kewajiban di tempat kerja, terdapat beberapa uraian pekerjaan yang harus dilaksanakan, yaitu:

  1. Melaksanakan kebijakan dan aturan perusahaan

Setiap perusahaan pasti mempunyai aturan dan Undang-Undang serta standar yang harus dipatuhi oleh semua pekerja dan lembaga. Teknisi instrumentasi harus mematuhi kebijakan dan aturan tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Melaksanakan pemeliharaan

Tugas seorang instrumentasi adalah melakukan pemeliharaan untuk permintaan kerja yang tertuang dalam sistem manajemen sesuai dengan aturan dan SOP. Sistem tersebut meliputi MAXIMO, SAP, CMMS, dan sistem manajemen teknik komputerisasi.

  1. Melakukan pemeliharaan peralatan instument

Teknisi instrumentasi pasti mempunyai tugas untuk melakukan pemeliharaan alat instrumen yang terpasang serta melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Dan juga melakukan pengujian untuk alat tersebut.

  1. Mengatasi masalah trouble shooting

Biasanya dalam perusahaan terdapat masalah mengenai trouble shooting, tugas tersebut merupakan tugas seorang teknisi untuk melakukan kalibrasi, dan testing terhadap sistem kontrol yang sudah dibuat dan diterapkan.

  1. Melakukan pemeliharaan preventif

Tugas selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan preventif dan penanganan masalah di lapangan saat perusahaan atau pabrik shutdown baik itu secara terjadwal ataupun tidak direncanakan.

  1. Membantu bagian listrik dan mekanik

Seorang teknisi instrumentasi juga dapat membantu bagian listrik dan mekanik. Serta bagian labolatorium dan bengkel untuk memperbaiki alat instrumentasi yang digunakan agar tetap berfungsi dengan baik.

  1. Melakukan modifikasi

Teknisi instrumentasi mempunyai tugas untuk melakukan modifikasi pada sistem kontrol sesuai dengan permintaan serta membantu memperbarui dokumen yang terkait sehingga menghasilkan modifikasi yang sesuai dengan keinginan.

  1. Berpartisipasi dalam mencapai target perusahaan

Perusahaan pasti mempunyai target yang harus dipenuhi. Teknisi instrumentasi harus berpartisipasi untuk mencapai target dengan menatuhi peraturan keselamatan kerja dan berkontribusi dalam melayani permintaan kerja.

Teknisi Listrik Migas

Dalam sektor migas, kebutuhan personil sebagai teknisi khusus mempunyai kompetensi yang tinggi. Kompetensi kerja merupakan persyaratan yang harus dipenuhi dalam sektor migas. Potensi pertambangan minyak dan gas masih menjadi faktor dominan pada strategi pembangunan Indonesia.

Teknisi listrik migas masuk dalam keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia mengenai penetapan rancangan standar kompetensi kerja nasional Indonesia dalam sekotor minyak dan gas. Standar kompetensi bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang keahlian sesuai dengan kebutuhan industri.

Teknisi listrik migas mempunyai tugas umum yaitu:

  1. Membantu rekruitmen tenaga kerja

Seseorang yang sudah mempunyai keahlian di bidang teknisi listrik migas, dapat membantu proses rekruitmen dalam memilih tenaga kerja. Karena tenaga kerja yang dibutuhkan harus profesional dan memenuhi syarat.

  1. Menilai pekerjaan perusahaan

Seorang teknisi listrik migas juga mempunyai tugas untuk menilai pekerjaan setiap tenaga kerja sehingga menghasilkan pekerjaan yang efektif dan efesien dengan hasil yang memuaskan.

Welding Underwater

Teknologi pengelasan basah bawah air atau yang disebut dengan welding underwater merupakan pengelasan yang dilakukan di bawah air atau di laut. Tujuanya untuk memperbaiki kerusakan paa badan kapal dan perbaikan struktur kapal, konstruksi pipa air atau minyak dan gas.

Digunakan juga untuk konstruksi jembatan atau konstruksi rig yaitu pengeboran lepas pantai, bangunan pantai dan juga konstruksi yang terendam air lainya. Pelaksanaan pengelasan di permukaan air masih prioritas utama dan pengelasan dibawah air adalah alternatif jika tidak memungkinkan untuk dikerjakan di permukaan.

Pekerjaan ini mempunyai keuntungan salah satunya biaya relatif lebih murah dan persiapan yang dibutuhkan lebih singkat dibandingkan dengan teknik yang lain. Untuk pekerjaan pengelasan ini diperlukan juga pelatihan K3 dan sertifikasi K3 untuk mengurangi tingkat risiko dan kecelakaan kerja.

K3 Migas

Peraturan mengenai minyak dan gas bumi sudah ada sejak tahun 2001. Dimana badan usaha wajib menjamin standar dan mutu serta menerapkan kaidah keteknikan yang baik, keselamatan dan kesehatan kerja, dan pengelolaan lingkungan hidup serta mengutamakan pemanfaatan tenaga kerja dalam negeri.

K3 migas merupakan ketentuan tentang standarisasi peralatan, sumber daya manusia, pedoman instalasi migas dan juga prosedur kerja. Tujuanya agar instalasi migas dapat beroperasi dengan baik, andal, aman, dan ramah terhadap lingkungan serta menciptakan kondisi yang aman dan sehat bagi pekerja.

Adanya keselamatan pekerja merupakan perlindungan bagi keamanan dan kesehatan pekerja untuk terhindar dari kecelakaan di tempat kerja. Keselamatan pekerja dapat tercapai jika persyaratan sudah terpenuhi terutama mengenai standarisasi kompetensi, tempat kerja, dan lingkungan kerja yang baik.

 

Operator Produksi Migas

Potensi pertambangan migas masih menjadi faktor utama pada strategi pembangunan Indonesia. Sehingga diperlukan SDM yang kompeten dan dibuktikan dengan adanya sertifikasi profesi. Pengeluaran sertifikasi tersebut sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

Kerangka perjenjangan kualifikasi komptensi dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan bidang pendidikan dan pelatihan kerta dan pengalaman kerja untuk pemberian pengakuan kerja yang sesuai dengan sektor dan bidangnya.

Penetapan standar kompetensi mempunyai tujuan untuk mengembangkan SDM dalam bidang migas sesuai dengan kebutuhan industri yaitu:

  1. Membantu dalam proses perekrutan tenaga kerja yang profesional dan kompeten.
  2. Membantu dalam penilaian kerja bagi tenaga kerja secara profesional.
  3. Mengembangkan pelatihan berdasarkan kebutuhan perusahaan.
  4. Membuat uraian jabatan tenaga kerja.
K3 Umum

Ahli K3 umum merupakan program Kemenaker untuk mempersipkan ahli K3 yang dapat membantu mengembangkan K3 dalam perusahaan. Pelatihan K3 umum menjadi bentuk seleksi khusus bagi tenaga kerja yang berminat menjadi ahli K3 sesuai dengan UU No 1 tahun 1970 dan standar.

Lowongan kerja dalam bidang K3 umum ini mempunyai tujuan untuk terpenuhi juga prosedur kerja, serta penggunaan alat pelindung diri yang baik dan aman. Tujuan adanya K3 adalah:

  1. Mencegah terjadinya kecelakaan kerja, baik bagi pekerja, ataupun orang lain di tempat kerja.
  2. Mencegah adanya penyakit akibat kerja yang mengakibatkan kinerja menjadi tidak maksimal.
  3. Memelihara keamanan lingkungan kerja agar tetap dalam keadaan baik dan bersih.
  4. Mencegah tindakan tidak aman yang merugikan semua pihak
  5. Memelihara kelancaran proses dan produktivitas di tempat kerja

Referensi :

https://www.loket.com/event/k3

http://artikel-teknologi.com/pengertian-boiler-ketel-uap/

http://indonesian.elevatedflaresystem.com/sale-10478535-professional-techniccal-waste-heat-boiler-low-nox-for-refineries.html

https://petrotrainingasia.com/produksi-migas/

https://oilandgasmanagement.net/keselamatan-kesehatan-kerja-migas/

https://omc.proxsisgroup.com/pengelasan-basah-dalam-air-underwater-welding/

https://petrotrainingasia.com/teknisi-listrik-migas/

https://www.jasaservis.net/tugas-dan-kewajiban-teknisi-instrument/.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *