laser cutting

6 Informasi Lengkap tentang apa itu Laser Cutting??

Posted on

Saat ini laser cutting, merupakan hal yang cukup populer. Bahkan laser untuk memotong ini juga dinilai sangat fleksibilitas, sangat cepat dan memiliki presisi dalam pemotongan yang baik.

Tentunya hal ini akan sangat membantu banyak orang, baik yang ingin berwira usaha atau menghasilkan karya.

Karya yang dihasilkan dapat dibuat dengan cara yang sederhana, namun memiliki hasil yang berkesan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh mesin pemotong ini, adalah pengemasan bahkan hingga membuat sebuah penghargaan yang diinginkan.

Apa Itu Laser Cutting?

Laser cutting ini, merupakan salah satu proses yang mana menggunakan material atau bahan tertentu dan menggunakan bantuan dari laser.

Bahan-bahan yang sekiranya dapat dipotong menggunakan bantuan laser ini, adalah beberapa bahan lembaran seperti kayu, stainless steel.

Selain itu, ada beberapa bahan juga yang dapat digunakan atau dimanfaatkan menggunakan laser pemotong ini seperti acrylic, mdf, multipleks, besi dan juga beberapa bahan lainnya yang lentur seperti kertas, silikon, karet dan masih banyak lagi yang dapat menjadi bahan untuk laser pemotong ini.

Jika membicarakan bahan yang dapat digunakan untuk laser pemotong ini, biasanya tergantung dengan mesin laser cutting yang digunakan.

Hal ini dikarenakan setiap jenis bahan yang digunakan, tentunya memiliki sifat dan juga ketebalan yang berbeda-beda.

Beberapa bahan mungkin merupakan bahan yang cukup rumit untuk menggunakan tenaga dari laser pemotong.

Maka dari itu setiap kali anda akan menggunakan bahan yang berbeda, diusahakan untuk selalu menyetel ulang program yang ada pada mesin laser tersebut.

Hal ini tentunya agar mesin dari laser pemotong, dapat menghasilkan hasil yang sama dan laser cutting service tetap dalam kondisi yang baik dengan potongan yang sempurna dan tetap sama.

Dalam penggunaan laser pemotong ini, sering juga digunakan untuk unsur dekoratif.

Salah satu unsur dekoratif yang biasa digunakan dengan mesin laser pemotong ini, adalah interior dan juga eksterior seperti salah satunya teralis jendela.

Selain itu juga masih banyak lagi, seperti kebutuhan sehari-hari pada furniture, berbagai peralatan yang ada di rumah tangga, pakaian dan masih banyak lagi.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mesin pemotong ini, adalah terdapat pada bidang produksi.

Laser pemotong ini memiliki kemampuan untuk dapat membuat sebuah produk tertentu dalam jumlah yang terbatas. Pastikan juga anda selalu menggunakannya sesuai dengan aturan.

Bagaimana Mesin Laser cutting Bekerja?

Terdapat cara terbaru untuk anda yang ingin memotong sebuah material-material dengan cara yang lebih efisien dan mudah yaitu menggunakan laser cutting.

Dalam hal ini cara memotong menggunakan laser pemotong juga memiliki akurasi yang sangat tinggi. terutama prototupr.

Untuk setiap bagiannya, tentunya dibutuhkan pemotong yang memiliki akurasi yang cukup tinggi. Maka dari itu sering kali laser pemotong ini disebut dengan precision laser cutting machines.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh pemotong ini, salah satunya untuk partisi ruangan.

Untuk dapat menggunakan laser pemotong ini, ada beberapa langkah yang harus anda ketahui yaitu:

  1. Menyiapkan file

 

Mesin laser cutting ini, merupakan salah satu mesin digital dimana anda tetap membutuhkan sebuah file. Hal ini akan sama dengan cara kerja yang dimiliki printer tinta pada umumnya. Tentunya anda juga akan memiliki gambar atau tulisan yang akan dicetak bukan?

 

Jangan lupa untuk menyiapkan bidang yang tidak terisi dan juga outline garis, yang akan menandakan bidang yang akan dipotong oleh mesin laser pemotong tersebut. Namun jika anda ingin membuat outline yang tidak terpotong, jangan lupa untuk buat garis lipatan.

 

  1. Eksport file

 

Agar nantinya dapat terbaca dengan mesin, dalam hal ini anda diharuskan untuk melakukan eksport file yang sudah anda buat sebelumnya di sebuah software. Pastikan bahwa bentuknya berupa fotmat ekstensi.dxf. Dalam hal ini anda juga dapat memilih pilihan di bagian setting.

 

  1. Proses pengiriman, persiapan dan pemotongan

 

Kirimkanlah file ke mesin laser untuk dipotong dan dikerjakan menggunakan software yang ada. dalam hal ini anda sudah dapat menyiapkan mesin laser pemotong untuk digunakan. Gunakanlah beberapa material yang memang akan anda gunakan.

Jenis dan Ukuran Plat Besi

  1. Plat hitam

 

Plat besi yang satu ini, merupakan plat yang memiliki fungsi sebagai salah satu oenguat. Dalam hal ini dapat juga diaplikasikan sebagai bahan baku pembuatan tangki.

 

  1. Plat kapal

 

Sesuai dengan namanya, plat ini digunakan untuk pembuatan instalasi kapal. Tentunya dalam hal ini, plat ini biasanya menggunakan jasa cnc router untuk pembuatannya. Terdpaat dua ukuran lebar, dan ketahanan yang baik.

 

  1. Plat strip

 

Jika anda ingin membuat hiasan dinding menggunakan laser cutting, jenis plat ini adalah yang terbaik. Pasalnya plat ini memiliki kelebihan lebih mudah untuk ditekuk dan juga di las. Ukurannya juga cukup bervariasi.

Media yang Biasa Digunakan

Dalam hal ini, untuk media yang biasa digunakan untuk laser pemotong adalah jasa dari perusahaan furniture.

Bahkan anda juga dapat menggunakan jasa dari laser cutting design, yang mana membantu anda untuk membuat desain dari material yang diinginkan. Biasanya juga terbuat dari serbuk kayu halus.

Selain itu, ada beberapa media lainnya yang digunakan seperti bahan kimia resin, yang mana di rekatkan dan juga dipadatkan dengan suhu dan juga tekanan yang tinggi.

Dengan pengerjaan ini, biasanya juga dibuat sebagai railing tangga yang cantik dan sesuai keinginan.

Jenis Mesin Laser cutting

  1. Co2laser

 

Jenis mesin yang dimiliki oleh laser pemotong ini, merupakan jenis mesin yang cocok untuk digunakan sebagai pemotong, mengebor hingga memahat beberapa bahan material.

Dalam hal ini, jika anda memiliki kebutuhan untuk memahat dan sebagainyal, sebaiknya gunakan jenis mesin laser cutting satu ini.

 

  1. Fiber laser

 

Untuk jenis dari mesin pemotong yang satu ini, termasuk dari laser solid state. Jenis laser fiber ini memiliki desain yang khusus yaitu menggunakan fiber glass.

Energi yang digunakannya, di dapatkan oleh energi dari Dioda pompa. Ketajaman fiber laser juga sangat detai dan halus.

 

Dalam hal ini memang biasa digunakan untuk memotong, mengukir hingga membuat tanda untuk material yang terbuat dari logam atau metal sekalipun dan juga plastik.

 

  1. YAG laser

 

Jenis laser pemotong ini, memiliki komponen yang juga termasuk dalam jenis Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Ortho-Vanadate). Jenis mesin laser pemotong ini memiliki panjang gelombang yang hampir sama dengan fiber.

 

Motif Laser cutting

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada, dalam hal ini semua hal semakin di permudah salah satunya dalam mendesain rumah atau hunian yang menarik dan unik.

Siapa sangka jika bahan metal, dapat digunakan untuk industry dan dekorasi hunian yang cantik.

Jika berbicara mengenai dekorasi sebuah hunian, motif laser cutting saat ini sangat populer dan banyak digunakan.

Pasalnya dapat menghasilkan desain yang cantik, ditambah dengan potongan presisi yang dimilikinya dengan jenis metal yang ada seperti stainless, alumunium, kuningan dan masih banyak lagi.

Bahkan desain rumah yang menggunakan bantuan laser pemotong, dapat dibuat sedemikian rupa dimulai dari motif klasik, minimalis dan lainnya.

Masih banyak lagi informasi lengkap mengenai laser cutting, yang harus anda ketahui. Dalam hal ini anda dapat memilih jenis mesin laser pemotong yang diinginkan,

namun tetap sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat hasil yang diberikan juga maksimal dan sesuai keinginan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *