Kamar tidur remaja

4 Konsep Desain Yang Sesuai Untuk Kamar Tidur Remaja (Konsep Kreatif)

Posted on

Masa remaja akan selalu menjadi cerita menarik untuk dibahas. Segala hal tentang kehidupan remaja menjadi awal mula sebuah pencarian jati diri. Masa peralihan dari anak-anak, membuat mereka mengerti apa yang disukai dan dibenci. Selalu ada perbedaan antara remaja satu dengan yang lain.

Karena emosi dan sikap yang labil, remaja memerlukan tempat istirahat yang tidak hanya digunakan tidur tapi juga menyediakan privasi. Kamar tidur remaja menjadi ruangan pribadi yang nyaman. Desain kamar yang sesuai bisa membantu remaja untuk mengekspresikan diri.

Kamar Tidur Serbaguna

Anak muda cenderung menjadi pribadi yang mulai mencari jati diri. Maka dari itu, tak heran apabila mereka lebih suka beraktifitas, baik di dalam maupun luar ruangan. Agar remaja tidak sulit melakukan kegiatan mereka, maka perlu mengubah kamar menjadi multifungsi.

Kamar tidur serbaguna bisa menjadi alternatif dalam menciptakan suasana yang nyaman untuk menunjang aktifitas anak. Serbaguna disini bukan berarti menyediakan semua keperluan di dalam kamar.

tapi kalau anda mempunyai ruangan yang luas akan lebih baik lagi, atau anda bisa melakukan partisi ruangan pada ruangan tersebut

Pengertian serbaguna dimaksudkan sebagai ruangan yang nyaman untuk bersantai, belajar, bahkan tempat berkumpul bersama teman entah itu sekedar berkunjung atau belajar bersama. Sehingga anak remaja dapat beraktifitas dengan tenang tanpa keluar rumah.

Untuk menciptakan kamar tidur serbaguna ini tidak memerlukan ruangan yang luas. Ruangan sempit bisa disulap menjadi tempat ternyaman untuk anak melakukan segala hal. Tidak perlu meletakkan kasur berukuran besar pada kamar yang tidak terlalu luas.

Kasur berukuran besar hanya akan memakan banyak tempat. Letakkan saja kasur lipat atau single bed. Agar bisa bersantai, hamparan karpet akan terasa lebih nikmat karena sewaktu-waktu digunakan untuk merebahkan badan sejenak.

Bisa juga dengan menempatkan sofa kecil atau bean bag yang mudah dipindah. Bagi anak remaja yang gemar mengoleksi buku, bisa membuat rak buku yang ditempelkan ke dinding. Jadi tidak memerlukan lemari besar yang memakan tempat. Agar terlihat lebih ringkas, dapat memanfaatkan meja lipat untuk belajar.

Kamar Tidur Di Loteng

Loteng rumah biasanya sering dialih fungsikan sebagai gudang atau dibiarkan kosong hingga berdebu dan menjadi sarang hewan. Selain untuk tetap menjaga kebersihan rumah, penggunaan loteng untuk kamar bisa dijadikan ide yang bagus.

Loteng bisa dijadikan sebagai ruangan yang cocok bagi remaja yang menginginkan suasana tenang. Karena emosi yang masih terbilang labil, terkadang remaja membutuhkan waktu sendiri untuk menenangkan pikiran.

Orang tua perlu percaya dengan tulisan “Remaja membutuhkan waktu yang banyak untuk sendiri dan berpikir”. Loteng bisa menjadi ruang andalan menjauh sedikit dari keramaian dan hiruk pikuk keluarga. Anak akan mendapatkan privasi karena letaknya berada di bagian paling atas rumah.

Kesan hangat dari kamar loteng dapat ditunjukkan dengan dekorasi yang menyenangkan dan tenang. Warna-warna pastel atau cerah dapat diaplikasikan pada tembok. Perabot yang ada di dalamnya harus disesuaikan dengan ukuran loteng.

Kamar Tidur Bertema

Begitu masa anak-anak beralih ke masa remaja, aktifitas akan semakin meningkat. Anak yang semula selalu bergantung kepada orang tua akan mulai mencoba hal-hal baru. Mereka akan mulai menggemari suatu hal yang kemudian berubah menjadi hobi.

Para remaja juga mulai bosan dengan desain kamar yang itu-itu saja. Maka dari itu, mereka akan berpikir mengubah desain kamar sesuai dengan keinginannya. Sebagai orang tua, bisa mendukung dengan menciptakan kamar remaja sesuai dengan tema yang digagas.

Kamar tidur bertema untuk remaja bisa diperoleh dari film, kegiatan yang disukai, karakter anak, bahkan tema putri negeri dongeng. Mengubah desain kamar dengan tema akan menambah semangat belajar. Selain itu juga akan lebih betah berada di rumah.

Untuk lebih menghidupkan suasana, segala aspek di dalam kamar perlu diselaraskan dengan tema yang diusung. Apabila memungkinkan warna cat dinding juga diganti. Bisa juga menambahkan hiasan unik atau poster yang berhubungan dengan tema.

Kamar Tidur Dengan Sentuhan Warna Pink

Kamar tidur remaja perempuan biasanya cukup rumit. Ini bukan hanya tentang keindahan, kerapian, kenyamanan. Selain terlihat indah, sebagian besar remaja perempuan memperhatikan detail apa yang ada di kamar mereka dan mengedepankan sifat feminin.

Feminin remaja perempuan terlihat pada keinginan mereka untuk menciptakan kamar tidur bernuansa merah muda atau pink. Remaja penggila warna pink bahkan secara khusus menghias kamar dengan pernak-pernik berwarna merah muda.

Sebenarnya tidak sulit menciptakan kamar bernuansa pink untuk remaja perempuan. Tidak perlu membayangkan kamar bertema merah muda adalah sebuah ruang yang cukup mewah. Kamar sederhana pun bisa disulap bak kamar putri raja tanpa kesan norak.

Meski bertema pink, bukan berarti seluruh kamar harus berwarna merah muda. Sentuhan warna merah muda bisa diaplikasikan pada beberapa elemen saja. Bisa dengan mewarnai dinding kamar dengan warna pink pada seluruh bagian atau salah satu bagian saja.

Selanjutnya, dinding bisa ditempeli dengan wallpaper bermotif merah muda. Apabila ingin menonjolkan sifat feminin, bisa menggunakan item berwarna pink, seperti sprei, sarung bantal kelambu dan alas duduk.

Kamar tidur remaja menjadi sangat penting karena dijadikan tempat untuk melampiaskan berbagai hal yang terkadang tidak bisa dibagi bersama orang tua. Karena remaja sudah memiliki keinginan kuat, maka untuk desain kamar remaja sebaiknya didiskusikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *