fresh graduate

Tips yang Harus Dilakukan Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

Posted on

Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat adalah keinginan semua orang. Bagi seorang fresh graduate, bekerja di perusahaan adalah sesuatu yang diinginkan. Namun, untuk melamar pekerjaan ada bebarapa hal yang harus disiapkan dengan baik.

Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

Bagi Anda yang baru lulus, sebelum melamar pekerjaan ada bebarapa hal yang harus diperhatikan. Baik dalam hal  material dan mental. Anda harus melatih keberanian berkomunikasi dengan orang lain, berinteraksi serta bekerja sama dengan tim.

Anda juga harus menyiapkan berbagai dokumen penting sebagai syarat administrasi. Setiap perusahaan mempunyai syarat yang berbeda-beda. Namun semua syarat utama administrasi pasti sama yaitu identitas diri.

Tips untuk cepat mendapatkan pekerjaan bagi Anda yang baru lulus adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan job research

Sebelum Anda menyiapkan dokumen dan sebagainya. Anda harus mencari informasi secara detail mengenai perusahaan yang jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Berbagai pekerjaan akan di umumkan pada website, media sosial dan sebagainya.

Anda harus rajin  mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan. Karena setiap lowongan mempunyai syarat dan deadline yang berbeda-beda. Sehingga diperlukan reseacrh yang baik serta waktu yang tepat untuk menyiapkan persyaratan tersebut.

  1. Membuat CV yang baik dan benar

Curriculum Vitae ini menjadi daya tarik utama dalam melamar pekerjaan. CV yang menarik adalah CV yang relevan dan sesuai dengan pekerjaan yang Anda minati. Dari CV tersebut menjadi peluang yang paling utama dalam melamar pekerjaan.

Salah satu cara untuk mendapatkan first impress yang baik dari HRD adalah CV yang menarik. HRD melihat CV hanya dalam hitungan detik saja, sehingga pastikan CV Anda dapat memberikan kesan baik agar HRD penasaran dan membaca CV tersebut.

Bagi fresh graduate, Anda dapat membuat CV yang menarik dengan tips berikut ini.

1.Desain CV yang menarik

Desain CV menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Karena desain akan mempengaruhi hasil CV Anda. Desain harus disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang akan Anda lamar. Jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan seni atau art, Anda dapat membuat desain yang full color.

Jika Anda ingin melamar posisi di perusahaan BUMN, Anda dapat membuat desain CV yang elegan. Pemilihan warna harus diperhatikan jangan sampai menimbulkan kesan kontras dan membosankan bagi HRD.

2.Pemilihan jenis dan ukuran font

Anda juga harus memperhatikan jenis dan ukuran font. Pastikan jenis font yang digunakan dapat dibaca dengan jelas, dan ukuran font standar. Warna font juga harus disesuaikan dengan desain yang diberikan. Sehingga memudahkan HRD saat melihat CV Anda.

3.Isi atau konten CV harus lengkap

Dalam sebuah CV, hal yang paling utama adalah konten atau isi. Pastikan konten CV lengkap dan mudah dibaca. Konten CV yang harus ada adalah:

  • Identitas Diri

Identitas diri mencakup nama lengkap dan alamat sesuai KTP, nomor telepon dan alamat email. Cantumkan mengenai status dan gender Anda.

  • Pendidikan

Curriculum Vitae harus mencantumkan riwayat pendidikan Anda. Pendidikan yang dicantumkan biasanya dua tahun terakhir lengkap dengan jurusan dan nilai atau IPK. Pada riwayat pendidikan juga harus mencantumkan nama sekolah atau universitas.

  • Personalitas

Dalam Curriculum Vitae berisi gambaran singkat mengenai karakter Anda. Lengkap dengan kemampuan dan sikap yang Anda miliki. Anda dapat mencantumkan kelebihan soft skill Anda seperti pekerja keras, jujur, tanggung jawab, disiplin dan sebagainya.

  • Skill atau keahlian

Bagi Anda yang mempunyai sertifikat kompetensi dapat menjadi nilai tambah atau kelebihan Anda. Sertifikasi profesi  menjadi bukti secara tertulis akan potensi dan skill yang Anda miliki. Karena sertifikat tersebut dikeluarkan oleh lembaga resmi yaitu kemenaker atau BNSP.

  • Pengalaman Kerja

Bagi Anda yang mempunyai pengaman kerja, Anda dapat mencantumkan pengalaman kerja Anda dalam CV. Adanya pengalaman kerja tersebut dapat membuat CV lebih bernilai dan berkualitas.

Bagi Anda yang baru lulus, Anda dapat mencantumkan pengalaman magang atau PKL selama menempuh pendidikan di iniversitas. Pengalaman kerja atau magang tersebut menjadi nilai plus untuk CV Anda.

  • Pengalaman organisasi

Dalam organisasi dapat melatih soft skill, melatih kecakapan dalam berbicara, berkomunikasi dengan orang lain serta saling bekerja sama. Jika Anda mempunyai organisasi yang banyak, pilih organisasi yang paling menguntungkan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

4.Perbaiki kesalahan dalam CV

Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahan penulisan, ejaan, dan sebagainya. Anda perlu membaca ulang CV yang sudah dibuat. Sehingga CV tersusun dengan rapi dan tidak ada kesalahan dalam penulisan.

5.Analisis CV

Untuk menganalisis CV ini, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi HRD yang sedang membaca CV Anda. Atau Anda dapat meminta teman untuk membaca dan menilai CV yang telah dibuat agar mereka dapat memberikan komentar untuk membuat CV lebih baik.

6.Kirim lamaran dengan baik dan pada waktu yang tepat

Jika semua persyaratan sudah disiapkan dengan baik dan benar. Anda harus bisa mengirim surat lamaran tersebut pada waktu yang tepat. Jika pengiriman dilakukan secara langsung, Anda harus datang ke perusahaan tersebut sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Jika pengiriman dilakukan secara online, maka Anda harus mengirim surat lamaran pada jam kerja atau sekitar pukul 08.00 hingga 14.00. Untuk pengiriman lewat email harus memperhatikan subjek dan badan email.

Subjek email harus diisi dengan nama atau format sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan. Dan untuk badan email diisikan salam pembuka lengkap dengan nama, alamat, pendidikan, dan tujuan dari email tersebut. Setelah itu semua berkas atau dokumen dijadikan dalam satu PDF dan disisipkan.

7.Perluas Jaringan atau relasi

Sebagai seorang pencari kerja, Anda tidak boleh menyerang jika ditolak oleh perusahaan. Anda dapat memperluas jaringan dan relasi dengan orang lain, selalu bertanya kepada teman, saudara, dan siapapun yang Anda kenal.

Anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan pada website atau media sosial. Dengan banyak jaringan, Anda dapat memperoleh informasi yang menguntungkan dan sesuai dengan minat dan bakat Anda.

8.Pengikuti pelatihan dan sertifikasi

Pelatihan dan sertifikasi adalah hal yang sangat penting untuk memudahkan Anda mendapat kerja. Anda dapat mengikuti pelatihan K3 dan sertifikasi K3 sembari menunggu informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Dengan pelatihan tersebut dapat mengasah kemampuan dan skill Anda. Sehingga dapat menunjang pekerjaan Anda nantinya, serta hasil kinerja yang diberikan semakin baik dan berkualitas.

9.Persiapkan diri menghadapi interview

Tahap interview menjadi hal yang paling menentukan. Sehingga dibutuhkan persiapan yang matang. Anda dapat mencari tahu pertanyaan interview yang akan muncul dan berlatih untuk memberikan jawaban yang tepat dan memuaskan.

Perusahaan akan menilai Sna dari kepribadian pada tahap interview ini. Sehingga penampilan juga harus menarik dan sopan, bahasa yang digunakan harus formal dan baku serta perhatikan juga gesture tubuh.

Kemajuan teknologi sekarang ini membuat perekrutan dilakukan secara online, sehingga dokumen yang dikirim juga dalam bentuk soft file sehingga lebih memudahkan para pencari kerja khususnya fresh graduate dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Referensi:

https://www.cermati.com/artikel/cara-cepat-dapat-kerja-bagi-fresh-graduate

https://www.finansialku.com/cara-membuat-curriculum-vitae-yang-menarik/

https://bikincarabaru.blogspot.com/2018/12/contoh-cara-membuat-cv-yang-menarik.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *