cara membuat CV

5 Tips Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Posted on

Sebelum melamar suatu pekerjaan, Anda perlu menyiapkan persyaratan yang sudah ditetapkan. Salah satunya adalah CV. CV atau resume merupakan data diri Anda yang ditulis secara detail dan menarik. Anda harus memperhatikan cara membuat CV yang baik agar dapat direview oleh HRD perusahaan.

Cara Membuat CV Menarik

Untuk membuat CV yang menarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Biasanya HRD akan melihat CV hanya sekilas, sehingga CV harus dikemas dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan kesan pertama yang baik dari HRD.

Tips untuk membuat CV yang menarik adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan job research

Sebelum Anda membuat CV, Anda harus mencari informasi secara detail mengenai perusahaan yang jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. CV yang menarik adalah CV yang relevan dan sesuai dengan pekerjaan yang Anda minati.

Curriculum Vitae ini menjadi daya tarik utama dalam melamar pekerjaan. Sehingga Anda harus mengetahui informasi perusahaan agar dapat membuat CV yang sesuai dengan sektor perusahaan tersebut.

  1. Mencatat informasi dan kualifikasi pekerjaan

Anda harus mencatat informasi yang berkaitan dengan kualifikasi pekerjaan, keterampilan dan keahlian. Catat juga mengenai syarat usia, pengalaman dan semua yang berkaitan dengan informasi pribadi.

Anda juga harus mengetahui nilai dan etos kerja dari perusahaan yang akan Anda lamar. Dari informasi tersebut, Anda dapat menyaring dan membuat Curriculum Vitae sesuai dengan tujuan surat lamaran yang diinginkan.

  1. Mengetahui isi CV secara umum

Dalam Curriculum Vitae ada beberapa informasi atau data yang harus Anda isi secara umum. CV dapat memberikan gambaran mengenai riwayat hidup Anda. Sehingga dalam mengisinya harus sesuai dengan kenyataan atau real.

Konten dalam CV biasanya berisi mengenai identitas diri, yaitu nama, alamat, nomor telepon dan alamat email. Serta riwayat pendidikan Anda. Semua konten tersebut harus dikemas dengan rapi dan baik untuk memudahkan HRD saat mengeceknya.

  1. Cantumkan sertifikat atau pelatihan

Jika Anda pernah mengikuti pelatihan atau sertifikasi K3, Anda dapat mencantumkan pelatihan dan sertifikasi K3 pada CV Anda. Karena sertifikat tersebut menjadi sarana untuk mempromosikan diri Anda.

Pelatihan atau sertifikasi sangat membantu CV Anda agar lebih berbobot dan bernilai. Karena tidak semua orang mempunyai sertifikat di bidangnya. Karena untuk mengikuti sertifikasi, Anda harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu selama beberapa hari.

 

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

CV sangat dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Sehingga sangat penting untuk membuat Curriculum Vitae yang menarik, kreatif dan lengkap untuk melamar pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat Anda.

  1. Membuat desain CV

Untuk membuat Curriculum Vitae, Anda harus memulai membuat desain yang menarik. Desain tersebut harus mudah dibaca dan mempunyai layout yang rapi dan baik. Desain harus disesuaikan dengan posisi yang akan Anda lamar.

Jika posisi tersebut berkaitan dengan pekerjaan resmi atau formal seperti perusahaan besar atau BUMN, desain yang Anda buat harus formal dan menarik. Jika untuk posisi dalam bidang seni atau art, Anda dapat membuat desain yang full color.

  1. Berisi konten data diri lengkap

Dalam Curriculum Vitae yang paling penting adalah konten atau isinya. Cantumkan identiras diri dengan lengkap termasuk nama lengkap, alamat, nomor telepon email serta sertakan juga pas foto terbaru.

  1. Cantumkan riwayat pendidikan

Dalam CV juga harus ada riwayat pendidikan yang jelas. Anda dapat memasukan dua pendidikan terakhir dengan jurusan, prodi, universitas atau sekolah serta nilai IPK. Cantumkan juga tahun ajaran agar lebih lengkap.

  1. Deskripsikan tentang diri Anda

Paparkan juga deskripsi mengenai karakter Anda secara singkat serta nilai kehidupan yang Anda junjung atau yang menjadi prinsip Anda.

  1. Cantumkan keterampilan atau skill

Skill atau keterampilan menjadi nilai tambah dalam CV Anda. Skill akan menunjang pekerjaan yang Anda inginkan. Dalam pertanyaan interview juga biasanya berkaitan dengan potensi atau skill yang Anda miliki sebagai sarana untuk mempromosikan diri Anda.

Cara Membuat CV Online

Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak kemudahan bagi semua orang, khususnya untuk membuat CV. Anda dapat membuat CV secara online menggunakan aplikasi yang sudah disediakan seperti:

  1. MS Word

MS Word dapat digunakan untuk membuat CV yang menarik. Namun MS word tidak mempunyai template khusus untuk CV sehingga Anda bisa membuat sendiri desain CV sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

  1. Google Docs

Google Docs merupakan salah satu produk dari google yang dapat digunakan untuk membuat CV dan lainya. Di google docs tersedia template untuk membuat CV secara gratis atau dapat membuat secara manual dan bahasa yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Canva

Aplikasi untuk membuat CV atau poster dan sebagainya dapat menggunakan Canva. Canva dapat diinstal di handphone sehingga membuat Anda lebih mudah dalam membuat CV. Template yang disediakan juga gratis dan beragam desain.

  1. Kick Resume

Bagi Anda yang ingin membuat CV bahasa Inggris dengan tempalate yang menarik dan gartis, Anda dapat mengunjungi web kickresume.com. Anda dapat membuat desain CV yang keren tanpa harus menunggu lama.

Selain aplikasi diatas, Anda dapat menggunakan aplikasi lainya seperti Corel Draw atau sebagainya. Penggunaan aplikasi membuat CV online ini lebih memudahkan Anda untuk membuat CV yang menarik dan kreatif dengan waktu yang cepat serta gratis pula.

Cara Membuat CV Kreatif

Untuk membuat CV yang kreatif Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi. CV kreatif biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan yang berkaitan dengan bidang seni atau art. Karena desainya lebih menonjolkan warna.

HRD biasanya akan melihat CV dari tampilan atau susunanya. HRD akan memilih CV yang berkualitas dengan susunan yang baik dan benar. Cara membuat CV yang kreatif dan menarik adalah:

  • Pilih desain yang tepat dan menarik

Desain akan menjadi tempat bagi Anda untuk mengisi konten CV. Konten CV yang harus ada adalah:

  • Identitas Diri

Identitas diri mencakup nama lengkap sesuai dengan KTP, alamat sesuai KTP, alamat domisili, nomor telepon dan alamat email. Semua identitas tersebut harus asli dan dapat dibuktikan.

  • Pendidikan

Curriculum Vitae harus mencantumkan riwayat pendidikan Anda. Pendidikan yang dicantumkan biasanya dua tahun terakhir lengkap dengan jurusan dan nilai atau IPK. Pendidikan menjadi konten penting untuk menilai kualitas CV yang Anda buat.

Pada riwayat pendidikan juga harus mencantumkan nama sekolah atau universitas. Karena setiap universitas mempunyai akreditasi yang menjadi nilai tambah dari konten CV yang Anda buat tersebut dan menjadi pertimbangan bagi HRD.

  • Keterampilan

Dalam CV juga harus menerangkan keterampilan dan keahlian yang Anda miliki. Bagi Anda yang mempunyai sertifikat kompetensi dapat menjadi nilai tambah atau kelebihan Anda.

Sertifikasi profesi atau kompetensi tersebut sangat penting bagi seorang tenaga kerja. Sertifikasi  menjadi bukti secara tertulis akan potensi dan skill yang Anda miliki. Karena sertifikat tersebut dikeluarkan oleh lembaga resmi yaitu kemenaker atau BNSP.

  • Personalitas

Dalam Curriculum Vitae berisi gambaran singkat mengenai karakter Anda. Lengkap dengan kemampuan dan sikap yang Anda miliki. Anda dapat mencantumkan kelebihan soft skill Anda seperti pekerja keras, jujur, tanggung jawab, disiplin dan sebagainya.

Penulisan personalitas ini bisa dalam bentuk list penomoran atau deskripsi dalam bentuk paragraf. Anda dapat menempatkan deskripsi mengenai personalitas Anda pada bagian awal atau atas CV.

  • Pengalaman Kerja

CV yang lengkap harus mencantumkan pengalaman kerja yang Anda miliki. Anda juga dapat mencantumkan pengalaman magang, PKL, training dan sebagainya yang pernah Anda ikuti.

Bagi Anda yang mempunyai pengaman kerja, Anda dapat mencantumkan pengalaman kerja Anda dalam CV. Adanya pengalaman kerja tersebut dapat membuat CV lebih bernilai dan berkualitas.

Cantumkan juga nama perusahaan dan tahun selama Anda bekerja disana. Jika Anda fresh graduate, Anda dapat mencantumkan pengalaman magang atau PKL selama menempuh pendidikan di iniversitas.

  • Pengalaman organisasi

Organisasi menjadi sarana untuk melatih soft skill Anda. Dalam organisasi diberikan ilmu mengenai kepemimpinan dan sebagainya. Sehingga dapat memberikan sikap pemimpin dalam diri Anda.

Cantumkan pengalaman organisasi Anda selama menempuh bangku kuliah atau sekolah. Jika Anda mempunyai organisasi yang banyak, pilih organisasi yang paling menguntungkan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  • Pelatihan terbaru

Bagi Anda yang mengikuti pelatihan atau training 2 atau 3 tahun terakhir dapat dicantumkan dalam Curriculum Vitae. Pelatihan dilakukan untuk memperoleh sertifikasi profesi atau kompetensi.

Pelatihan dilakukan selama beberapa dan ditutup dengan ujian untuk mendapatkan hasil lulus atau tidak. Lembaga yang membuka pelatihan dan sertifikasi ini ada dua yaitu kemenaker dan BNSP.

  • Infomasi Lain

Anda juga dapat mencantumkan informasi lain seperti hobi, atau hal lain tentang diri Anda dan berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Informasi ini bisa dimasukan juga dalam bagian personalitas atau pada bagian bawah CV.

Anda dapat mencantumkan alamat media sosial seperti facebook dan instagram. Penerapanya disesuaikan dengan desain CV Anda. Masukan ke dalam kolom bagian kanan bawah atau kiri bawah CV.

  • Perbaiki kesalahan dalam CV

Anda perlu membaca ulang CV yang sudah dibuat. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahan penulisan, ejaan, dan sebagainya. Sehingga CV tersusun dengan rapi dan tidak ada kesalahan dalam penulisan.

  • Analisis CV

Untuk menganalisis CV ini, Anda dapat berperan seolah-olah menjadi HRD yang sedang membaca CV Anda. Atau Anda dapat meminta teman untuk membaca dan menilai CV yang telah dibuat agar mereka dapat memberikan komentar untuk membuat CV lebih baik.

Salah satu cara untuk mendapatkan first impress yang baik dari HRD adalah CV yang menarik. HRD melihat CV hanya dalam hitungan detik saja, sehingga pastikan CV Anda dapat memberikan kesan baik agar HRD penasaran dan membaca CV tersebut.

Kemajuan teknologi sekarang ini membuat perekrutan dilakukan secara online, sehingga CV yang dikirim juga dalam bentuk soft file. Anda dapat membuat CV sesuai dengan ukuran standar yaitu A4, dengan desain yang menarik, font yang dapat dibaca serta pemilihan warna yang jelas dan tidak mencolok.

Anda banyak cara membuat CV yang menarik dan kreatif yang dapat Anda lakukan. Yang paling penting dalam membuat CV adalah penulisan, penggunaan kata, ejaan dan bahasa. Gunakan bahasa yang baku sesuai dengan EYD agar CV Anda dapat memberikan kesan pertama yang baik bagi HRD.

Referensi:

https://www.finansialku.com/cara-membuat-curriculum-vitae-yang-menarik/

https://bikincarabaru.blogspot.com/2018/12/contoh-cara-membuat-cv-yang-menarik.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *